Selasa, 31 Juli 2012


Selasa (31/7/2012), Social Bakers baru saja merilis daftar negara pengguna Facebook terbesar di dunia. Dalam laporan terbaru itu, Indonesia terlihat kehilangan ‘power’ di situs ‘buku-muka’.
Indonesia memiliki lebih dari 36 juta pengguna Facebook, berada di peringkat delapan dalam daftar tersebut. Hal ini sungguh di luar kebiasaan, selama ini Indonesia selalu berada di jajaran lima besar untuk urusan negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia.
Tiga bulan lalu (Mei 2012) dalam laporan yang juga dirilis oleh Social Bakers, Indonesia berada di nomor urut empat dengan jumlah pengguna di atas 42 juta akun. Merujuk pada kedua data itu, terlihat bahwa Indonesia kehilangan sekitar lima juta pengguna Facebook dalam kurun waktu tiga bulan. Apa yang sedang terjadi?
Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang kehilangan berjuta-juta akun Facebook. Hal tersebut bisa dilihat dalam tabel berikut:
Melihat banyaknya negara yang kehilangan akun, boleh jadi Facebook memang sengaja menghapus berjuta-juta akun (melakukan pembersihan) dari situs mereka. Besar kemungkinan akun yang dihapus adalah akun-akun hasil kloning, yang dibuat untuk tujuan tertentu seperti berdagang, bermain game dan lain-lain. Akun-akun hasil kloning seperti ini kadang dinilai sebagaibot dan penyebar spam –pesan bertubi-tubi, tak jarang disertai malware.
Terkait soal bot, laporan dari latimes.com juga menceritakan sebuah kasus yang dialami oleh situs Limited Run. Situs tersebut telah memasang iklan di Facebook, sayangnya hasil yang didapatkan tidak memuaskan: hanya 20 persen klik iklan yang datang dari pengguna Facebook, 80 persen sisanya merupakan kontribusi akun-akun bot. Mungkin Facebook sedang mengatasi persoalan-persoalan seperti ini, selanjutnya menghapus berjuta-juta akun di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Kemungkinan lain adalah dihapusnya akun-akun anak di bawah umur oleh Facebook. Seperti kita ketahui situs ‘buku-muka’ memberikan batasan usia (13 tahun) untuk menggunakan layanan mereka. Hal ini senada dengan laporan Salingsilang.com terdahulu yang menyebutkan bahwa setiap hari pihak Facebook menghapus ribuan akun anak-anak di bawah usia 13 tahun.
Penurunan angka pengguna Facebook ini juga mengindikasikan kejenuhan dari netizen Indonesia atas layanan situs tersebut. Kejenuhan itu yang membuat orang mulai berpikir untuk meninggalkan layanan Facebook dan berpindah ke layanan media sosial lainnya. Apakah anda juga merasakan kejenuhan yang sama?


ASCI-socialmedia-index

sumber
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!