Minggu, 11 Desember 2011

Patung Jendral Sudirman yang terletak di peralihan kedua jalan (Jl. M. Husni Thamrin dan Jl. Jendral Sudirman), pas berdiri di tengah jalan pada kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Memiliki ketinggian 6,5 meter dengan penyanggah setinggi 5,5 meter dan terbuat dari perunggu sekitar 4 ton. Menurut cerita, patung tersebut dibuat oleh seniman sekaligus dosen seni rupa ITB yang bernama Sunario.
Jika diperhatikan secara dinamis, sosok patung Jendral Sudirman mendongak ke atas dan salah satu tangannya memberi gerak hormat. Menghormat Pada Siapa? Beliau adalah Panglima Besar Jendral Sudirman, selayaknya tidak menghormat secara sembarangan kepada warga yang melintas di kawasan itu. Beliau yang harusnya kita (termasuk saia) berkewajiban menghormatinya. Beliau adalah salah satu dari Pahlawan Indonesia yang pantang menyerah, dengan semangat gerilya berjuang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, walau dalam keadaan sakit.
Biaya pembangunan patung yang mencapai Rp 6,6 Milyar itu, bukan dari APBD DKI Jakarta, melainkan dari pihak swasta. Kompensasinya? Pihak swasta tersebut berhak mendapat 2 (dua) titik reklame di lokasi strategis Dukuh Atas Jakarta. Hebatnya Indonesia-ku…
courtesy pic by: Arie Saksono
sumber :  http://gajahpesing.blogdetik.com/menghormat-pada-siapa/

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!