Jumat, 27 Januari 2012


Setelah sebelumnya sudah didongengkan tentang benua geologi dimana merupakan benua-benua yang pernah ada di bumi ini dan dibuktikan dengan ilmu geologi. Sekarang kita tengok dongengan rekonstruksi benua-benua ini dan nantinya juga perkembangan benua-benua ini dimasa depan.
:( “Wah pakdhe mau bikin ramalan Ki Amat jugak ?”
:D “Bukan Thole, ini namanya “future tectonic modeling”"
Sebuah studi khusus tentang Tektonik ini telah dilakukan oleh Christopher R Scotese. Studi ini disebut PaleoMap Project, sebuah projek untuk merekonstruksi bumi masa lampau dan bumi masa depan.
Nah mari kita lihat seperti reksonstruksi yang dibuat oleh Scotese ini.
Akhir Proterozoikum (650 juta tahun lalu)
Memang bener bumi ini diperkirakan berusia 4 milyar tahun, tetapi rekonstruksi tektonik tertua yang mampu dilakukan hanyalah sejak 650 juta tahun lalu.
Rekonstruksi benua pada 650 juta tahun lalu
Model diatas menggambarkan pecahnya Superbenua Rodinia yang konon sudah dimulai sejak 1100 MYA (Million Years Ago, Juta tahun lalu). Pada masa itu diperkirakan dunia dalam kondisi iklim bumi, mirip seperti saat ini.
Akhir Cambrium (514 Mya)
Model bumi pada akhir Kambrium (514 Mya)
Pada akhir Kambrium 514 juta tahun lalu, merupakan saat munculnya binatang dengan cangkang keras. Benua Gondwana berada di kutub selatan.
Pertengahan Ordovisium (458 Mya)
Pertengahan Ordovisium (458 Mya)
Pada Jaman Ordovisium ini lautan yang disebut sebagai samodra Tethys tentusaja samodra ini saat ini sudah tidak ada.
:( “Pakdhe, kalau samoderanya hilang trus airnya kemana ?”
Silur Tengah (425 Mya)
Silur tengah 425 Mya
Laurentia menabrak benua Baltica sehingga menutup lautan Iapetus yang membentuk  benua “Old Red Sandstone”.  Terumbu Coral merambah dan berkembang juga tumbuhan darat mulai mengisi daratan yang kosong
Devonian (390 Mya)
Akhir Devon (390 Mya) Jaman ikan !
Devonian merupakan jaman munculnya ikan. Lihat Gindwana di sebelah selatan. Masa ini juga waktunya hutan tropis mulai berkembang di sekitar khatulistiwa (equator).
Awal Jaman Karbon (356 Mya)
Awal Jaman Krbon 342 Mya
Pada masa Karbon (Carboniferous) samodera Paleozoikumdiantara  Euramerica dan Gondwana mulai menutup, membentuk pegunungan Appalachian dan Variscan. Salju dan es mulai menutup kutub selatansaat itupula binatang berkaki empat (vertebrata) mulai berevolusi disekitar rawa-rawa yg nantinya menjadi batubara di sekitar khatulistiwa (Equator).
Jaman Akhir Karbon (306 Mya)
Jaman Karbon akhir (306 Mya)
Pada akhir Jaman Karbon (Late Carboniferous, 306 Mya) benua yang membentuk  North America dan Europe bertemu denganbagian selatan benua Gondwana. Saat itu sudah terbentu setengah dari superbenua Pangea.  Es menutupi kutub selatan dan rawa-rawa pembentuk batubara tersebar luas di khatulistiwa.
Bersambung …
Bacaan terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!