Senin, 16 April 2012


Nama domain merupakan salah satu pilar membangun bisnis di internet. Pemilihan nama domain yang bagus juga akan mempengaruhi peforma dan kesuksesan bisnis Anda. Semakin bagus nama domain Anda, maka akan semakin sukses blog dan bisnis Anda. Setidaknya itulah hukum yang terjadi dewasa ini. Dan untuk memilih domain yang bagus, posting mengenai 7 karakteristik nama domain yang bagus ini layak menjadi salah satu referensi Anda sebelum membeli domain.

Nama domain yang pendek

Domain yang baik adalah domain yang pendek. Gunakan sedikit karakter dalam domain Anda. Semakin sedikit, maka semakin bagus. Gunakan nama domain dengan karakter tidak lebih dari 10 karakter. Kemudian, memilih domain dengan satu kata adalah emas, dua kata adalah bagus, tiga kata adalah standar dan jika lebih dari itu merupakan ide yang buruk.


Nama domain yang mudah diingat
Kebanyakan pengguna internet tidak menggunakan bookmark agar bisa kembali ke sebuah blog. Mereka hanya mengingat alamat blog favorit mereka dan tinggal mengetikkannya ketika mereka ingin berkunjung lagi. Jadi gunakan nama domain yang mudah diingat oleh pengunjung blog Anda. Contoh: bqhxs.com merupakan nama domain yang singkat namun susah untuk diingat. Gunakan frase kata yang mudah diingat orang.

Nama domain yang mudah dibaca dan dieja

Salah satu penyebab Anda kehilangan pengunjung adalah nama domain Anda sulit untuk dibaca dan dieja. Maka gunakan kata-kata yang banyak dikenal orang dan tidak kompleks sehingga mudah untuk dibaca dan dieja. Hal ini tentu akan mengurangi resiko kehilangan pengunjung akibat salah dalam pengejaan nama domain.


Nama domain yang menggunakan ekstensi .com
Sebuah organisasi biasanya menggunakan ekstensi domain .org. Dan beberapa perusahaan lokal menggunakan domain lokal seperti co.id, co.it, co.uk dan banyak lagi. Namun kenyataannya domain dengan ekstensi .com lah yang tetap menjadi domain top favorit untuk digunakan dan dikunjungi. Memang nama domain tetaplah yang utama daripada ekstensi domain itu sendiri. Namun pengunjung biasanya akan mengingat nama domain Anda, namun tidak dengan ekstensinya. Seumpama Anda mempunyai domain anda.net, maka pasti akan ada beberapa pengunjung yang mencari blog Anda dengan mengetikkan alamat anda.com. Tentu ini akan mengurangi trafik yang datang ke blog Anda.


Nama domain yang deskriptif
Banyak pengunjung yang akan langsung mendatangi blog Anda sebagai trafik tertarget jika Anda bisa mendeskripsikan isi blog Anda di domain Anda. Dengan begitu, pengunjung akan tahu blog apa yang akan dia kunjungi dilihat dari nama domainnya. Sebuah contoh kecil adalah jika Anda sedang mencari produk buku dan hasil pencarian search engine memberikan dua nama situs yaitu tokobuku.com dan senang.com, maka situs mana yang akan Anda kunjungi? Begitulah gambaran jelasnya.


Nama domain yang bisa dijadikan brand
Sebuah domain yang bisa dijadikan sebuah brand adalah domain yang mengombinasikan kata dengan baik sehingga terdengar hebat dan bagus seperti youtube atau facebook. Anda tentu juga bisa membuat brand Anda sendiri. Memang nama domainnya tidak terlalu deskriptif, namun dengan hal itu Anda bisa membuat brand Anda sendiri yang tidak pernah dibuat orang lain sebelumnya.


Nama domain yang tidak mengandung angka dan simbol
Pastikan jika Anda membuat nama domain, jangan terlalu banyak menggunakan angka dan simbol. Hal itu akan mengakibatkan Anda beresiko kehilangan pengunjung. Sebagai contoh Anda mempunyai domain blog-tricks.com, namun pasti Anda beberapa calon pengunjung blog Anda yang akan mengetikkan blogtricks.com. Atau jika Anda menggunakan angka misalnya trick7.com akan membuat pengunjung bingung. Bisa saja pengunjung Anda mengetikkan trickseven.com. Hal inilah yang membuat Anda kehilangan calon pengunjung.


Semoga dengan berakhirnya posting ini bisa membantu Anda untuk memilih nama domain yang bagus dan sesuai untuk digunakan sebagai pondasi dalam membangun bisnis internet Anda. Anda sependapat dengan saya?


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!