Sabtu, 21 April 2012



Pohon mempunyai  berbagai mamfaat. Jika kamu cermati pohon memiliki beberapa mamfaat yang munggkin tidak anda pikirkan? Berikut adalah manfaat-manfaat itu:
  1. 1 pohon menghasilkan 1,2Kg Oksigen/hari dan manusia menghabiskan 0,5 Oksigen/hari, bahkan 1 pohon berukuran sedang jika diletakan pada tempat yang tepat dapat menghidupkan 4 orang/tahun, dan jika pohon berbuah 1 pohon dapat menghasilkan makanan 1Kg/hari. 
  2.    Pohon menaikkan harga property Rumah yang memiliki pohon di sekitarnya dapat memiliki harga lebih mahal hinga 25%.
  3. Pohon dapat menghemat AC Tahukan anda jika menanam 3 pohon di tempat yang tepat dapat menghemat biyaya AC hingga 50%? Ini dikarenakan suhu rumah yang sejuk akibat adanya pohon yang menghalangi sinar matahari langsung membuat suhu rumah menjadi lebih sejuk.
  4. Pohon penghasil oksigenJika kita menanam pohon sebanyak 20.000.000 pohon maka akan menghasilkan 260.000.000 ton O2 dan menghilangkan 10.000.000 ton CO2.
  5.   Pohon merupakan bahan baku Pohon merupakan bahan baku mabel, kertas, dan 15.000 produk lainya.
  6.  Pohon adalah tempat berlindung. Pohon merupakan tempat berlindung hewan liar dan memberikan makanan pada hewan-hewan di sekitarnya.
  7.    Cepat sembuh. Tahukah Anda pasien dengan pemandangan pohon dapat sembuh hingga 8% lebih cepat dibandingkan dengan pasien yang mempunya pemandangan dinding bata.
  8.     Meningkatkan air tanah. Tahukah anda pohon dapat meningkatkan suplay air tanah. Pohon perdaun jarum dapat mengikat  air tanah hingga 60%, sedangkan pohon berdaun lebar dapat mengikat air tanah hingga 80%.
  9.  Menahan pengikisan tanah. Tahukah anda pohon dapat mengurangi pengikisan tanah pada gunung? Ini dikarenakan pohon akan menahan partikel hujan agar tidak langsung menyentuh tanah yang menyebabkan pengikisan tanah.
  10. Menurunkan partikel debu. Tahukah anda menurut pengamatan Bianpoem (1997) pohon dengan luas 300x400 m2 dapat menurunkan kadar partikel debu dari 7.000 partikel/liter menjadi 4.000 partikel/liter.
  11. Mencegah efek rumah kaca. Tahukah anda efek rumah kaca? Itu adalah penumpukan gas CO2 pada atmosfer yang menyebabkan bolongnya atmosfer, tapi pohon dapat mencegahnya karena hutan dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.
  12.  Mencegah hujan asam. Pabrik adalah penghasil gas CO2 terbesar ke 2 setelah kendaraan, gas CO2 yang dilepaskan perusahaan dapat menjadi hujan asam setelah gas CO2 bercampur dengan Sulfur.  Hutan dapt mencegahnya dengan menyerap gas CO2 menjadi O2.

“setelah manfaat-manfaat diatas apakah Anda masih ragu untuk menanam pohon? Mulailah menanam pohon dengan memanfaatkan lahan disekitar rumah kita dari sekarang karena yang akan merasakan adalah anak cucu Kita.”

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!