Minggu, 12 Februari 2012


1. Grand Theft Auto IV (US$100 juta/Rp900 miliar) 
Game ini merupakan video game termahal yang pernah ada. Dana yang dihabiskan untuknya berkisar US$ 100 juta. Sebab, sedikitnya 1.000 orang  terlibat dalam pembuatan  game ini lengkap dengan soundtrack-nya. Meski muncul banyak protes atas adegan vulgar di dalamnya, namun kesungguhan membuat game ini terasa realistis saat dimainkan.

Grand Theft Auto IV (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)

2. Too Human (US$60 juta/Rp540 miliar) 
Video game ini awalnya direncanakan sebagai sebuah trilogi, dan game ulangannya nya akan dialihsuarakan  layaknya sebuah film. Sebanyak US$60 juta alias Rp540 miliar dikucurkan dalam  membuat game ini. Bahkan, formatnya sudah bisa dimainkan untuk berbagai pemutar  seperti Playstation, Gamecube, dan Xbox 360.

Too HumanToo Human (sumber: flickr.com,uniknya.com)

3. Gran Turismo 5 (US$60 juta/Rp540 miliar) 
Game ini adalah game balap mobil terbaik yang pernah ada. Comtohnya Anda perlu garasi sangat luas untuk menampung 1000 lebih mobil yang dipesan dalam game Gran Turismo milik Sony ini. Dengan masa pengembangan selama 5 tahun, sang pencipta game, Kazunori Yamauchi, membutuhkan dana US$ 60 juta guna menuntaskan permainan pada game ini.

Gran Turismo 5 (sumber : regmedia.co.uk)

4. Halo: Reach (US$55 juta/Rp495 miliar) 
Sebenarnya, pengembang permainan ini, yakni Microsoft/Bungie tidak pernah merilis resmi ke  publik tentang dana yang diperlukan dalam membuat Hello:  Reach ini. Namun akhirnya diketahui bila permainan ini menghabiskan dana US$55 juta.

Halo: Reach (sumber: .giantbomb.com,uniknya.com)

5.L.A. Noire (US$50 juta/Rp450 miliar) 
Presiden Asosiasi Pengembang Game Australia  Tom Cargo mengembor-gemborkan L.A. Moire sebagai salah satu game termahal yang pernah ada. Dana yang dihabiskan sebesar US$ 50 juta. Ini wajar, sebab dalam permainan ini, ekspresi  animasi wajah orang  diambil dari 32 kamera yang berbeda dengan pencahayaan yang tepat. (**)

L.A. Noire (sumber: destructoid.com,uniknya.com)

----------------------------------------------------------------------------------
UPDATE
--------------------------------------------------------

1. Half Life 2 (US$50 juta/Rp450 miliar)
Game ini adalah permainan tembak-menembak orang  yang merupakan kelanjutan game sebelumnya,  Half Life. Permainan ini dikembangkan  Valve Corporation. Awalnya, game ini tersedia untuk computer berbasis Microsoft Windows dan kemudian dikembangkan game konsol lain seperti Xbox dan PlayStation dengan total  biaya  US$50juta.

Half Life 2 (Sumber: visualwalkthroughs.com,uniknya.com)

2. Final Fantasy XIII (US$48 juta/Rp432 miliar) 
Dana yang dikeluarkan dalam Final Fantasy, dari awal game ini pada  tahun 2003 hingga serial terakhir,  nilainya sangat fantastis. Sebanyak US$48 juta dikeluarkan dalam  menciptakan permainan ini. Dengan dana sebesar itu, maka Final Fantasy memiliki berbagai seri namun tokoh dan cerita di setiap serinya berbeda-beda.

Final Fantasy XIII (Sumber: videogamesblogger.com,uniknya.com)

3. Killzone 2 (US$45 juta/Rp405 miliar) 
Meski tak pernah diekspos resmi oleh pihak pengembang, dan sulit diperoleh info validnya, namun banyak yang menduga bahwa dana yang dikeluarkan untuk peperangan Helghan dalam Killzone 2 ini menghabiskan US$ 45 juta atau Rp405 miliar.

Killzone 2 (syumber: gamespot.com,uniknya.com)

4. This is Vegas (US$40 juta/Rp360 miliar) 
Animasi yang digunakan dalam  permainan ini mengingatkan maniak game dengan  The Sims. Peranti lunak yang digunakan dalam game ini  membuat semuanya terasa nyata. This is Vegas dibuat dengan bujet berkisar US$40 – 50 juta atau sekitar Rp360 miliar.  Meski mahal, pembuatnya tetap etis, karena sejumlah adegan disamarkan seperti  bagian tubuh wanita pada  game ini.

This is Vegas (Sumber: blogcdn.com,uniknya.com)

5. Duke Nukem Forever (US$20 juta/Rp180 miliar) 
Permainan ini  dirilis ulang tahun ini dengan kejutan adanya permainan dalam bentuk tiga dimensi. Karena itu, George Broussard sebagai pimpinan 3D Realms, pengembang Duke Nukem Forever, harus merogoh dana tak sedikit.  Diperkirakan, dia habis US$20 juta hingga 30 juta atau Rp180 miliar guna mematenkan hak cipta dan judul permainan ini. (**)

Duke Nukem Forever (Sumber: gamebreakers.com,uniknya.com)
Reaksi:

1 komentar:

  1. Happiness аnd entertainment іs whаt thе game іs аll а
    bоut reality аnd it's ѕоmethіng Minecraft, fоr аll іts abstractions аnd division, рrоvidеѕ а shovel. Thе wholе іs greater thаn thе sum оf іts parts. I dіd hоwеver play аt home wіth ѕоmе friends аnd fоund thе game verу enjoyable.
    Feel free to surf my web site :: minecraft download

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!