Minggu, 12 Februari 2012



ZAMAN dulu apabila seseorang punya ide, pemikiran atau uneg-uneg tertentu sering mengekspresikan hal-hal tersebut dalam bentuk catatan yang mungkin hanya bisa dituangkan dalam buku diary pribadi atau dikirimkan ke sejumlah media cetak. Namun itu hanya cerita lalu. Kini, jika punya ide, pemikiran atau uneg-uneg, orang bisa dengan mudah menuangkan semuanya ke dalam blog. Mengapa blog? Ya tentu saja karena blog itu sangat mudah dibuat, gratis dan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan juga. Jaringan internet yang kini tersedia di mana-mana dan bahkan bisa diakses lewat ponselsemakin memudahkan orang dalam aktivitas blogging

Era 90an bisa dikatakan sebagai awal mula munculnya blog di dunia maya. Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaicadalah browser internet pertama sebelum adanya Internet Explorer dan Nestcape. Hingga tahun 1998, jumlah Blog yang ada belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog-blog mereka sendiri. 

Setelah mengalami perkembangan yang lambat di kurun waktu 1993-1998, blog mulai menjadi populer di tahun 1999 seiring bermunculannya sejumlah layanan blog seperti: Open DiaryLiveJournalPitas, dan Blogger. Tahun 2003, jagad blogosphere makin diramaikan oleh kehadiran WordpressMultiplyTypePadWindows LiveSpace, dll. Namun postingan kali ini tidak akan membahas tentang sejarah lengkap blog karena itu sudah banyak dibahas di blog lain, yang salah satunya bisa dibaca di sini. Author selanjutnya akan memaparkan singkat tentang perkembangan layanan Blogger.com karena menurut Alexa, Blogger.com saat ini menempati peringkat ke 8 dalam jajaran 500 situs topnya

Google mengakuisisi Blogger 

Pada Februari 2003, Google mengakuisisi layanan Blogger.com dari Pyra Labs dan kemudian selanjutnya seperti biasa, mengubah sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Tahun 2004, Google membeli Picasa lalu mengintegrasikannya dengan layanan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blog yang dimilikinya di Blogger. 

Pada 9 Mei 2004, Google sebagai pengembang Blogger.com melakukan beberapa perubahan mendasar pada sistem publikasi blognya, di mana saat itu diperkenalkan penggunaan template CSS (Cascading Stylesheet), adanya halaman arsip individual untuk masing-masing posting, ditambahkannya fitur komentar, dan dimungkinkannya posting melalui email. Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbaru (versi beta) dengan nama kode “Invaders”. Versi terbaru ini memigrasikan pengguna layanan Blogger ke server milik Google. Selanjutnya pada Mei 2007, seluruh layanan Blogger secara resmi dipindahkan dan dioperasikan di serverblogspot milik Google. 

Pemblokiran di beberapa negara 

Dalam perjalanannya, layanan blogger.com seperti juga layanan blog lainnya tidak lepas dari tindakan pemblokiran dari sejumlah otoritas negara karena dianggap melakukan kampanye negatif. Pada 30 April 2009,Committe to Protect Journalist (CPJ), lembaga independen yang bergerak di bidang kebebasan pers, menerbitkan daftar sepuluh negara berbahaya untuk kegiatan blogging. 10 negara yang masuk daftar tersebut adalah Burma/Myanmar, Iran, Syiria, Kuba, Arab Saudi, Vietnam, Tunisia, Cina, Turkmenistan, Mesir. Negara-negara ini menurut CPJ masih sering mengawasi dan menyensor ketat isi dari suatu blog. 

Untuk layanan blogger.com sendiri, saat ini sudah ada tiga negara yang pernah memblokir akses warga negaranya ke situs blogger.com yaitu Turki, Pakistan dan China. Sementara di Myanmar pada November 2008, seorang anggota gerakan oposisi Liga Nasional untuk Demokrasi, Nay Myo Kyaw alias Nay Phone Latt dihukum 20 tahun penjara oleh Junta Militer Myanmar karena dalam blognya (nayphonelatt.blogspot.com) terdapat tulisan-tulisan tentang kondisi keseharian rakyat Myanmar. 

Situasi Situs Terkini 

Saat ini untuk berkompetisi dengan layanan-layanan sejenis, blogger.com telah melengkapi sejumlah fiturnya antara lain dengan menambahkan fitur followerembedded commentscheduled post, dll yang semuanya bisa diakses di http://draft.blogger.com. Namun, tak bisa dipungkiri semakin maraknya dunia social media (Facebook, MySpace, dll) dan microblogging (TwitterPlurk, dll) sewaktu-waktu bisa mengancam eksistensi blogger.com jika ia tidak berevolusi mengembangkan dirinya. 

Berikut sejumlah screenshoot tampilan blogger.com sejak 1999 hingga sekarang.
  
1999
 2000
 
 
2009
Sumber: 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!