Minggu, 12 Februari 2012


Keberhasilan Steve Jobs dalam melambungkan Apple memang sangat luar biasa. Berbagai produk masa depan, diluncurkan di bawah kepemimpinan Steve Jobs yang menjadi tren teknologi di seluruh dunia. Meskipun begitu, Steve Jobs juga pernah meluncurkan produk-produk gagal di pasaran. Berikut uniknya.com paparkan  produk-produk buatan Steve Jobs yang pernah gagal di pasaran.


1. Apple III (981)
Pengganti Apple II yang sangat populer, adalah Apple III dengan fokus pada bisnis dan harga. Sayangnya, perangkat keras produk ini tidak dapat dihandalkan. Sehingga Apple kehilangan pasar bisnis oleh PC IBM yang meluncur pada tahun yang sama dan secara cepat menguasai pasar PC.

Apple III (981)(Sumber: mynewoffice.com,uniknya.com)

2. Lisa (1983)
Komputer komersial pertama yang diproduksi dengan kemampuan antar muka pengguna grafis. Namun, harganya yang 9.995 Dollar Amerika ketika diluncurkan, terlampau mahal bagi orang Amerika kala itu. Kejatuhan Lisa juga diperparah dengan isu bahwa komputer Macintosh yang harganya jauh lebih murah, akan diluncurkan pada tahun yang sama.

Lisa (1983) (Sumber: ning.com,uniknya.com)

3. NeXT Computer (1989)
Perusahaan Steve Jobs setelah dikeluarkan oleh Apple adalah NeXT. Perusahaan ini membuat komputer yang memiliki kemampuan seperti Apple III dan Lisa. Meskipun begitu, produk perusahaan ini lagi-lagi terlalu mahal untuk dibeli oleh pengguna mainstream.

NeXT Computer (1989) (Sumber: vintagecomputersnw.com)

4. The Cube (2000)
Produk ini merupakan desktopat berupa komputer kecil dengan tempat berupa kotak plastik transparan. Produk ini memenangkan penghargaan desain, tetapi gagal di toko karena harganya yang tinggi. Selain itu, produk ini juga tidak menawarkan manfaat yang fungsional dibandikan produk Mac lainnya.

The Cube (2000) (Sumber: deskpicture.com,uniknya.com)

Desain Apple memang sangat ikonik, tetapi masyarakat selalu tidak berniat untukmembayar mahal untuk rancangannya saja. Ide Cube pada akhirnya hidup dalam Mac Mini dan lebih sukses.

5. Apple TV (2007)
Apple mulai masuk ke kamar keluarga, meskipun hal ini bukan karakteristik sepenuhnya perusaan ini. Steve Jobs sendiri akhirnya mereferensikan bahwa Apple TV sebagai hobi. Produk ini hanyalah kotak kecil yang terkoneksi ke TV dan ke Mac di dalam rumah. Sebuah remote kecil memperbolehkan pemiliknya memainkan musik dan film dari komputer di TV. Meskipun begitu, produk ini cukup mahal dengan biaya sebesar 249 Dollar Amerika. Selain itu, produk ini sangat rumit untuk dipasang dan digunakan. Film yang dijual di iTunes pun memiliki resolusi yang rendah dan buram bila di lihat d HDTV. Pada 2010 Apple memperkenalkan lebih banyak inplementasi. Rancangan Apple TV yang lebih murah terkoneksi secara langsung ke Internet.(**)

Apple TV (2007) (Sumber: toptenreviews.com)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!